Tips aman belanja di dunia maya


Perdagangan di dunia maya saat ini sudah menjadi trend marketing yang sangat populer. Lebih praktis dan murah, menjadi alasan sebagian orang untuk berbelanja via internet. Namun masih banyak juga yang merasa ragu untuk bertransaksi lantaran takut tertipu. Padahal tidak semua toko online melakukan hal itu.

Supaya Anda terhindar dari resiko kejahatan di Internet, berikut adalah 10 tips berbelanja online:

Survey situs web tempat Anda beli
Cari tahu banyak tentang situs tempat Anda hendak berbelanja, lihat juga bagaimana reputasinya, serta testimonial dari para konsumen di blog lain. Periksa juga validitas dari kontak si penjual seperti nomor telepon, alamat email, atau bila perlu alamat kantor.

Jika kurang yakin, cek kembali situs tersebut pada mesin pencari Google atau Yahoo dengan memasukkan nama situs tersebut pada kolom pencarian. Cari ulasan dari para konsumen yang sudah pernah membelinya. Jika merasa ada yang tidak beres, segera tinggalkan situs tersebut.

Baca secara teliti kebijakan situs terhadap data pribadi konsumen
Tinggalkan saja, bila ada poin yang menyatakan bahwa pengelola situs diperbolehkan menyebarluaskan/membocorkan data pribadi konsumen ke pihak lain.

Jika barang yang dibeli memiliki fisik/non digital, perhatikan kebijakan mengenai pengembalian barang atau garansi. Jika barang yang dikirim rusak/cacat, tentu Anda dapat mengembalikannya dan diganti dengan barang yang baru atau pengembalian uang secara utuh.

Baca dan curigai deskripsi produk
Setiap barang yang dijual di internet, biasanya diberi deskripsi/penggambaran agar menjelaskan konsumen terhadap barang tersebut. Nah, perhatikan deskripsi tersebut, apakah ada yang mencurigakan? serta curigai juga terhadap potongan harga yang begitu besar terhadap barang bermerek.

Jangan tergiur harga murah atau diskon
Hati-hati terhadap penawaran diskon atau harga yang sangat murah datang pada email Anda. Terlebih lagi jika mereka meminta data pribadi Anda seperti ID dan password, biasanya itu ulah spammer.

Temukan tanda aman pada situs
Cari tanda-tanda bahwa web tersebut aman, misalnya gambar gembok di status bar browser atau adanya gambar sertifikat seperti Verisign. Ketika Anda memasukkan informasi data diri, biasanya alamat situs menggunakan “https” atau “shttp” yang mengartikan bahwa informasi pembayaran Anda dienkripsi, jadi sangat aman.

Komputer harus aman
Setidaknya, komputer yang Anda gunakan sudah terpasang antivirus dan ter-update. Sangat bagus lagi jika Anda memasang Anti Spyware dan Firewall di PC.

Perhatikan cara pembayaran
Umumnya menggunakan kartu kredit, tapi tak jarang saat ini banyak yang menggunakan sistem transfer tunai via atm. Jika sudah melakukan pembayaran, jangan lupa menyimpan bukti transaksi sehingga Anda bisa menunjukkan bukti pembayaran jika barang yang Anda beli tidak diantar. Pertimbangkan juga dengan cara pembayaran yang menggunakan Paypal, Regber, atau COD mungkin lebih aman.

Teliti total harga
Perhatikan keseluruhan harga yang meliputi harga barang, ongkos kirim, dll. Bandingkan harganya dengan harga di situs lain. Apabila ada yang tidak beres, segera abaikan.

Simpan bukti pembelian
Ada baiknya jika Anda menyimpan bukti-bukti transaksi. Juga deskripsi & harga barang, softcopy kuitansi, pesan email dari si penjual.

Bersihkan jejak komputer
Setelah bertransaksi online, biasakan bersihkan history & cookie pada browser. Sebaiknya, setelah itu komputer dimatikan dahulu. Bisa saja spyware sudah bersembunyi di komputer Anda.

Sekian beberapa tips aman bertransaksi online.

Referensi: teknokompascom