Tweetdeck

Cara mengakses twitter menggunakan aplikasi Twitter Clients popular, TweetDack. kalau biasanya anda mengakses account Twitter dengan mengarahkan browser ke alamat http://www.twiter.com/, kali ini kita akan belajar melakukannya dengan cara yang lebih unik, dengan sebuah aplikasi Twitter Clients populer bernama TweetDeck.

Sebelumnya, anda download TweetDeck dari http://www.tweetdeck.com/ dengan file berukuran 1,97 MB. jangan lupa instal juga Adobe AIR.untuk menggunakannya ikuti langkah langkah di bawah ini.

Untuk mulai menggunakan TweetDeck, klik ganda icon TweetDeck yang ada di desktop komputer anda.
Pada saat menjalankan aplikasi TweetDeck untuk yang pertama, anda akan diminta untuk mengisi username dan password account Twitter anda
Kemudian TweetDeck akan menampilkan 4 kolom, terbagi atas:
All Friends : Daftar teman-teman anda
Mentions : Daftar balasan serta komentar-komentar yang dikirimkan
Direct Messages : Daftar pesan
TweetDeckRecommends : Daftar beberapa account Tweeter yang direkomendasikan oleh Tweeter
Hanya dengan mengarahkan mouse anda ke foto account tweeter teman, anda sudah dapat langsung memberikan tanggapan (Reply), me “re-tweet” (Retweet), mengirim pesan (Direct Message), dan masih banyak lagi
Ketika anda siap untuk meng-update status anda, klik kotak What’s Happening?

Cara Hapus Informasi Lokasi di Twitter – Hampir semua jejaring sosial saat ini menyediakan fitur lokasi. artinya, setiap anda melakukan update, lokasi anda yang didapatkan dari IP ataupun GPS yang ada di peringkat mobile akan terkirim dan tersimpan di jejaring sosial yang anda gunakan, termasuk Twitter.

Namun, berkaitan dengan isu privasi, Twitter menyediakan setting apakah anda bersedia mencatat lokasi anda di setiap tweet anda atau tidak. Mengapa? sebab data lokasi anda bisa jadi disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebagai contoh, anda berlibur ke luar kota selama beberapa hari dan anda meng-update tweet beserta lokasi anda. bila ada perampok yang mengerti tentang jejaring sosial, dia akan tahu bahwa rumah anda sedang kosong dan anda ada di suatu lokasi tertentu. lebih dari itu, data lokasi tersebut bisa digunakan oleh penguntit untuk mengawasi gerak-gerik anda.

Secara default, fitur lokasi Twitter tidak aktif. Pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui halaman Setting. Namun, pengguna yang telah mengaktifkannya, terkadang ingin menghapus informasi lokasi account-nya untuk menghindari penguntitan dan pelanggaran privasi lainnya.

  • Login ke account Twitter anda terlebih dahulu seperti biasa.
  • Pada menu pojok kanan atas bertuliskan username anda, klik kemudian pilih menu Settings.
  • Di halaman Setting, anda akan bisa menemukan pilihan Tweet Location. Dalam penjelasan fitur tersebut, anda bisa sharing lokasi pesta, kembang api, dan sebagainya melalui tweet. Tercantum pula pernyataan bahwa bila anda menyertakan fitur lokasi dalam tweet anda, Twitter menyimpan data lokasi tersebut. anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur lokasi pada setiap tweet dan tersedia mekanisme untuk menghapus data lokasi anda sebelumnya. Klik link delete all location information untuk menghapus semua data lokasi di tweet lama anda tanpa harus menghapus tweet tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul dialog konfirmasi yang isinya menanyakan apakah anda yang akan menghapus data lokasi anda atau tidak. klik OK untuk melanjutkan. Penghapusan akan memakan waktu sampai dengan 30 menit bila memang anda menyimpan banyak data lokasi.
  • Selesai….

Berbagi gambar menggunakan service PhotoBucket di Twitter– Sebenarnya, berbagi gambar atau foto merupakan hal biasa di Twitter. namun sebelum muncul fitur baru ini, berbagi gambar hanya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi third-party, seperti yFrog dan TwitPic. karena penggunaannya yang semakin banyak, Twitter menyediakan fitur berbagi gambar ini pada halaman Twitter.com.

Twitter menggunakan service dari PhotoBucket untuk meng-hosting filenya. ini adalah bentuk kerja sama yang menarik mengingat masih banyak pengguna Twitter yang lebih suka menggunakan web Twitter.com untuk berselancar.
Berikut ini cara-cara berbagi gambar tersebut:
  •  Langkah pertama tentu saja anda harus login ke halaman Twitter.com. Fitur berbagi gambar ini sementara masih belum digunakan oleh semua Twitter client lainnya karena client lain mungkin menggunakan service aplikasi berbagi gambar lainnya.
  • Pada form untuk melakukan update tweet, cobalah anda klik field status tersebut. di bagian pojok kanan bawah akan muncul dua icon. Icon yang di sebelh kanan adalah untuk berbagi Geo Location, sedangkan yang disebelah kiri adalah untuk meng-upload gambar. klik icon kamera tersebut untuk memilih gambar yang anda inginkan.
  • Setelah jendela pemilihan file muncul, pilih file gambar yang anda inginkan. setelah memilih file tersebut, di atas icon kamera sebelumnya kaan muncul thumbnail gambar yang akan anda upload. tulislah status anda di field yang tersedia lalu klik tombol Tweet.
  • Tampilan tweet dengan gambar tersebut muncul dalam bentuk link. Berhati-hatilah anda pada aplikasi third-party pemendek URL seperti bit.ly, yang akan memendekkan URL dan membuat fitur berbagi gambar ini menjadi rusak.
  • Bila anda ingin melihat hasil gambar yang anda upload tersebut, klik tweet tersebut. di sebelah kanan halaman akan muncul tweet anda beserta gambar yang dibagi melalui tweet tersebut

Selesai… jayaputras. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan salam sukses………