Alasan turis datang ke Indonesia

Keindahan alam, promosi menarik, dan stabilitas politik merupakan tiga alasan utama wisatawan mengunjungi sebuah negara, termasuk Indonesia yang memiliki banyak destinasi menarik. Survei global ini diharapkan menjadi acuan bagi pariwisata Indonesia.

Data tersebut didapatkan lewat hasil survei bertajuk “Global Tourism Intentions Survey” yang dilakukan oleh Visa. Dengan 11.620 responden dari 23 negara di dunia, survei mengungkapkan bahwa stabilitas politik, penawaran wisata yang menarik, dan keindahan alam merupakan faktor utama wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Ketiga faktor utama ini menjadi penilaian dan informasi yang dicari wisatawan bila ingin berkunjung ke sebuah destinasi.

“Informasi pertama yang pasti dia cari adalah bagaimana stabilitas politik di negara tujuan wisata karena faktor ini merupakan faktor yang sangat penting untuk diketahui demi keselamatan wisatawan itu sendiri,” ungkap Harianto Gunawan selaku Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia ketika dihubungi okezone, Rabu (28/12/2011).

Selanjutnya, faktor keindahan alam juga pasti akan digali wisatawan mengingat momen liburan menjadi ajang untuk rileksasi dan refreshing. Sebagai contoh, eco tourism yang kini menjadi pilihan semakin banyak wisatawan.

Harianto menjelaskan, selain ketiga fator tersebut masih terdapat faktor lain yang menyebabkan wisatawan mau berkunjung ke Indonesia. Tiga faktor dimaksud, adalah cuaca/iklim, mudah dijangkau, dan tempat yang belum pernah dikunjungi.

Pada dasarnya, survei yang dihelat ini berlaku untuk pasar wisata global dan bukan hanya Indonesia. Namun seperti ditegaskan Harianto, faktor-faktor pendukung di atas mampu menjadi acuan bagi Indonesia.

“Survei ini dapat dipergunakan untuk perkembangan pariwisata Indonesia,” tandasnya.

Menurutnya, banyak wisatawan asing yang memertimbangkan Indonesia sebagai negara tujuan wisata pada dua tahun mendatang. Diharapkan, hal ini mampu memberi titik terang bagi industri pariwisata di dalam negeri.

“Hasil survei ini tentunya sangat bermanfaat untuk memberikan wawasan mengenai tren terbaru tentang pengalaman, daya tarik, perilaku, dan minat wisatawan bagi kalangan organisasi pariwisata, pembuat kebijakan, operator, serta merchant,” tutupnya. okezone.

About these ads